Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Di balik Penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017 yang Diraih Anak Perusahaan Royal G
#1
Asian Agri adalah salah satu anak perusahaan Royal Golden Eagle (RGE) yang menjadi salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di Asia dengan kapasitas produksi pertahunnya mencapai 1 juta ton. Hingga sampai saat ini, Asian Agri mengelola 28 perkebunan minyak kelapa sawit dan 19 pabrik pengilangan minyak kelapa sawit. Beberapa bulan yang lalu Asian Agri mendapatkan sebuah penghargaan Anugerah Energi Lestari 2017 karena komitmennya untuk mendukung pengadaan energi terbarukan yang mana sudah diapresiasi oleh pemerintah.Perusahaan mendapat penghargaan kategori Perusahaan terbanyak membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg).

Dengan adanya penghargaan ini, menunjukan bahwa Asian Agri memiliki komitmen tinggi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengimplementasikan teknologi yang dapat mengolah limbah sawit menjadi energi terbarukan biogas untuk membantu suplai listrik di wilayah sekitarnya. Prosesnya adalah pengelolaan limbah cair Palm Oil Mill Effluent (POME) sebelumnya dimanfaatkan hanya untuk land application sebagai substitusi pupuk, menjaga kelembaban tanah dan menahan erosi di kebun sawit. Mereka mengembangkan teknologi ramah lingkungan yang bermanfaat bagi lingkungan, masyarakat, serta memberi nilai tambah bagi perusahaan dalam mendukung pemerintah menyediakan energi listrik bagi kawasan yang belum terjangkau.

Di samping itu, grup perusahaan yang beroperasi di Sumatera Utara, Riau dan Jambi ini telah membangun dan mengoperasikan dua unit PLTBg yang berada di Provinsi Riau terdapat 3 PLTBg yang berlokasi di Kabupaten Pelalawan, yakni di Desa Air Hitam,

Kecamatan Ukui dan Desa Segati, Kecamatan Langgam, serta di Desa Bukit Agung, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, selain itu, di Sumatera Utara, tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, dan di Desa Batu Anam, Kecamatan Rahuning, Kabupaten Asahan. Sedangkan untuk Provinsi Jambi, Asian Agri membangun dua PLTBg di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tepatnya di Desa Lubuk Bernai, Kecamatan Batang Asam dan Desa Taman Raja Kecamatan Tungkal Ulu.

Tahun lalu, Asian Agri juga menyiapkan pembangunan 3 unit PLTBg terdiri dari 1 unit berlokasi di Desa Lalang Kabung, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau dan 2 unit di Provinsi Sumatera Utara, yaitu di Desa S-2, Kabupaten Labuhan Batu dan Desa Batu Anam, Kabupaten Asahan. Dari masing-masing PLTBg memiliki kapasitas 2,2 MW. Yang mana dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi pengoperasian pabrik kelapa sawit sekitar 700 Kilo Watt (KW), sedangkan sisa listrik (excess power) sebesar 1.5 MW dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat yang berada di sekitar lingkungan pabrik Asian Agri.

Bernard mengatakan kepedulian dan komitmen nyata dari perusahaan kelapa sawit di Indonesia terhadapat keseimbangan lingkunga hidup serta Sustainable Development Goals (SDG) akan berkontribusi secara signifikan bagi upaya Pemerinth Indonesia dalam mengurangi pemanasan global dan perubahan iklim di dunia.

Dari beberapa hal yang sudah dijelaskan disitulah bukti di balik penghargaan anugerah energi lestari 2017 yang diraih anak perusahaan Royal Golden Eagle.

https://id.linkedin.com/company/rge-pte-ltd
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)