Thread Rating:
  • 0 Vote(s) - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Cara Mengalokasikan THR Untuk DP Rumah
#1
Smile 
Sudah memasuki bulan puasa, berarti tidak lama lagi Anda mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), bagi Anda yang sudah bekerja lebih dari tiga bulan atau lebih secara terus menerus. Biasanya dana THR diterima dua minggu sebelum hari raya idul fitri berlangsung. Kebutuhan semakin banyak, harga juga melambung tinggi. Tetapi, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencoba untuk membeli rumah. Ini adalah tren saat menerima THR. Di mana THR Anda dijadikan sebagai DP untuk pembelian rumah, tetapi tidak menyingkirkan kebutuhan hari raya itu sendiri. Buat anggaran yang tepat agar down payment (DP) rumah Anda terpenuhi sesuai dengan perencanaan yang matang.

Menurut Irvan Ariesdhana, General Manager Business Development Progress Group menjelaskan cara mengalokasikan THR menjadi DP rumah :

1. Sisihkan kebutuhan untuk hari rayaCool

Jika memang sangat diperlukan, tambahkan biaya extra untuk kebutuhan hari raya tersebut. Teatapi jangan lupa dengan tujuan awal untuk dp rumah.

2. Tanda jadiShy

Dalam transaksi rumah, konsumen tidak diharuskan membayar penuh untuk DP rumah tersebut. bisa hanya memberikan tanda jadi saja. Misalnya Rp 5 juta. Bahkan beberapa developer memiliki program angsuran DP yang bisa dicicil tiga hingga 6 kali, tergantung kebijakan dari developer dan tipe rumah yang dipilih.

3. Buat daftar pilihan rumahBig Grin

Sebaiknya sebelum THR diterima, Anda mencari dahulu rumah yang bisa dijadikan opsi dalam pilihan Anda. Anda dan keluarga bisa menggunakan hari libur untuk mencari rumah tersebut. Buat beberapa pilihan sehingga ketika THR turun, semua sudah dialokasikan sesuai anggaran, ambil pilihan DP atau tanda jadi yang sesuai dengan budget Anda. Biasanya orang melihat rumah saat puasa dan membelinya setelah lebaran.

Perhatikan juga kemampuan Anda dalam mencicil sebuah rumah. Memang lebih baik jika langsung lunas, tetapi itu hanya segelintir orang saja yang memungkinkan untuk merealisasikannya. Mungkin jarang atau bahkan belum ada yang melunasinya langsung saat membeli rumah. Bila menggunakan KPR, biasanya sebesar 30% dari penghasilan bulanan Anda akan digunakan untuk membayar angsuran. Jangan sampai sanggup membayar DP rumah tanpa memperhitungkan angsuran per bulan ke depannya.Angel

Sumber: https://www.aturduit.com/articles/cara-m...-dp-rumah/
Reply


Forum Jump:


Users browsing this thread: 1 Guest(s)