PSHT Resmi Dibuka di STIM SUKMA, Yan Djuna, Menjaga Warisan Meneruskan Tradisi Leluhur

0 1,393
forumproperti.com , Medan –  Sumatera Utara – Bukan rahasia lagi bahwa silat adalah warisan leluhur nenek moyang yang adi luhur yang keberadaannya harus diteruskan dari generasi ke generasi.  Namun yang pasti silat ada sejak peradaban manusia pertama lahir di bumi pertiwi, sebagai bentuk perlindungan dan pertahanan diri.

 

Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) sendiri menurut sejarahnya panjangnya didirikan pada tahun 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetama di Kota Madiun. Semula bernama Setia Hati Pencak Sport Club (SH PSC) namun tahun 1948 berganti nama menjadi Persaudaraan Setia Hati Terate, salah satu dari sepuluh perguruan silat yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang dibentuk pada kongres pencak silat tanggal 28 Mei 1948 di Surakarta.

 

Karena alasan ini lah yang akhirnya membuat Yan Djuna, staf ahli akademik Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen (STIM) Sukma terpikirkan untuk menghadirkan Persaudaraan Setia Hari Terate (PSHT) di kampus yang beralamat di Jalan Sakti Lubis No. 80 Simpang Limun Medan dengan tagline kampus calon manajer dan profesional muda yang berbakat dan berprestasi tidak hanya di bidang akademik saja.
“Pastinya silat dan PSHT sangat membanggakan, bicara prestasi PSHT tentunya tidak diragukan lagi, banyak menghasilkan olahragawan dengan banyak prestasi mewakili Indonesia di kancah internasional seperti sea games dan olimpiade, silat juga oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda pada tahun 2019 sehingga dengan ada PSHT di STIM SUKMA menjadi selling point dan memiliki nilai lebih buat kampus dalam menarik minat siswa/i yang ingin kuliah, apalagi sekarang ini kampus sedang dalam penerimaan mahasiswa baru,” ungkap pria yang juga pemerhati pariwisata dan UMKM.

 

“Dan ini sebagai upaya menjaga warisan meneruskan tradisi leluhur oleh kampus dan jujur ini juga perdana di kampus STIM SUKMA Medan yang berbasis STIFIn, kebetulan beberapa mahasiswa/i sudah menjadi anggota PSHT, dan kenapa tidak dibuka di kampus dengan mereka sharing ilmu, yang akhirnya Alhamdulillah pada Sabtu (11/03/2023) lalu dibuka oleh Wakil Ketua SUKMA Medan, Edi Winata, S.E, M.M mewakli Ketua SUKMA, Dr. Wardayani, S.E, M.Si resmi dibuka, pembukaan dihadiri Mas Supriyandi, perwakilan PSHT Pusat, Komisariat Percut Sei Tuan, Deli Serdang dan Riandani Rezki Prana, S.Ei, M.Si perwakilan dosen,” sambungnya.

 

Hari Sabtu mulai pukul 03.00 sore dipilih menjadi jadwal latihan PSHT di STIM SUKMW Medan dan ini berlaku tidak hanya untuk mahasiswa/i dan dosen saja tapi juga untuk masyarakat umum yang ingin memperoleh manfaat kesehatan dan kebugaran dengan ikut silat PSHT. Informasi lebih dan pendaftaran bisa menghubungi kampus STIM SUKMA Medan dengan nomor hotline 08126466637.
*/Red
Leave A Reply

Your email address will not be published.