Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Penting Membeli Sepeda Balap untuk Para Pemula Agar Tidak Kecewa
05-22-2018, 06:34 PM
Post: #1
Tips Penting Membeli Sepeda Balap untuk Para Pemula Agar Tidak Kecewa
Olahraga bersepeda semakin menjadi pilihan olahraga favorit sebagian orang, selain menyehatkan, bersepeda juga menyenangkan. Salah satunya adalah road bike atau balap sepeda yang populer beberapa tahun terakhir ini, baik wanita maupun pria dari berbagai tingkatan usia banyak yang menggemari olahraga ini. Namun dengan banyaknya jenis sepeda yang ada dipasaran, pemilihan sepeda yang tepat menjadi hal penting dan harus diperhatikan oleh para pemula atau entry level. Sebagai panduan, berikut adalah beberapa tips untuk memilih road bike atau sepeda balap untuk para pemula, antara lain:

Pertama, tentukan tujuan pembelian sepeda. Saat ini road bike atau sepeda untuk arena balap sudah banyak dikenal orang, namun ada juga triathlon atau sepeda yang memang dikhususkan untuk para penggunanya yang akan mengikuti kompetisi triathlon. Untuk level pemula, akan lebih baik apabila membeli jenis sepeda ini terlebih dahulu, sepeda jenis road bike ini juga memiliki dua tipe yaitu:

- Sepeda untuk jalanan datar, biasanya sepeda jenis ini memiliki jenis frame yang bersifat aerodinamis ( aero frame)
- Ada juga jenis sepeda untuk jalanan tinggi atau tanjakan, umumnya sepeda jenis ini memiliki desain fisik yang lebih ramping.

Kedua adalah menentukan anggaran. Faktor anggaran menjadi hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan, karena harga sepeda yang bervariasi. Untuk para pemula, disarankan agar memilih sepeda dengan spesifikasi rangka atau bike frame berbahan karbon, roda berbahan alumunium dan kumpulan alat-alat yang akan menggerakkan mekanik secukupnya. Anggaran untuk sepeda jenis ini biasanya berkisar antara 15-17 juta rupiah.

Tips membeli road bike untuk pemula yang ketiga yaitu sesuaikan dengan ukuran badan. Geometri sepeda yang nantikan akan Anda gunakan di arena balap juga harus disesuaikan dengan tinggi dan panjang kaki, ini supaya sepeda tetap nyaman saat digunakan. Anda tidak perlu khawatir, karena di toko-toko sepeda selalu ada para ahli yang akan membantu Anda untuk memilih sepeda yang tepat.

Tips keempat atau terakhir yaitu membeli peralatan tambahan. Selain sepeda ada peralatan lain yang harus Anda beli untuk melengkapi kegiatan bersepeda agar tetap nyaman dan aman, yaitu:

- Helm. Pilihlah helm yang telah lolos SNI agar dapat menjaga keselamatan, dan aman saat Anda pakai. Carilah helm dengan ukuran yang pas di kepala Anda, memiliki ventilasi yang cukup, bantalan yang empuk dan tali pengikat yang aman dan nyaman
- Sepatu. Untuk para pemula sebenarnya dapat menggunakan sepatu olahraga biasa, namun akan lebih baik apabila Anda menggunakan sepatu khusus untuk balap sepeda yang terdapat cleat dibagian bawahnya. Cleat berfungsi untuk menyatukan posisi kaki dan pedal agar menghasilkan kayuhan yang stabil.

Itulah beberapa tips membeli sepeda balap atau road bike untuk para pemula agar mendapatkan sepeda yang tepat, aman, nyaman dan dapat digunakan dengan baik di arena balap.

Referensi: http://infosepeda.net/

Blog Sebats | Blog Carasehat | Blog Kabargue | Blog Feskul
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)