Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bingung memilih Smart TV LCD atau TV LED? Pahami dulu Perbedaan TV LCD dan TV LED ber
03-15-2018, 06:01 PM (This post was last modified: 03-15-2018 06:03 PM by samueliblog.)
Post: #1
Bingung memilih Smart TV LCD atau TV LED? Pahami dulu Perbedaan TV LCD dan TV LED ber
Pada artikel sebelumnya, telah diulas mengenai perbedaan antara TV LCD dan TV LED jika dilihat berdasarkan ketebalan dan harga jual yang ditawarkan. Pada artikel kali ini akan diulas mengenai perbedaan smart TV , LCD dan TV LED jika dilihat dari konsumsi listrik dan tingkat kontras yang dimiliki keduanya. Berikut ini ulasannya untuk Anda.
Konsumsi Listrik
TV LCD pada dasarnya menggunakan material liquid crystal display. Sementara tv LED memakai light emiting diode. Kedua material ini tidak membutuhkan banyak daya listrik untuk aktif. Sehingga daya konsumsinya pun cukup rendah jika dibandingkan dengan TV tabung. Namun, jika dibandingkan antara tv LCD dengan LED, maka tv LED masih lebih hemat listrik. Konsumsi listrik tv LED bisa lebih kecil sekitar 20-30 persen dibanding tv LCD biasa.
Tingkat Kontras
Jika diperhatikan dari tingkat kontrasnya, tv LED masih lebih unggul dibanding tv LCD. Hal tersebut bisa dibuktikan langsung jika Anda menempatkan kedua jenis tv ini secara berdampingan. Hal tersebut disebabkan karena smart TV LCD menggunakan teknologi CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamp) sebagai sumber cahaya. Sementara tv LED menggunakan Light Emiting Diode (LED) yang cenderung berwarna gelap sebagai cahaya di belakang. Selain itu, cahaya yang dihasilkan tv LED pun lebih kaya warna karena proses pemilihan warnanya lebih kompleks. TV LCD tidak bisa menghalangi semua cahaya yang datang dari backlight. Sementara tv LED mampu menahan sebagian besar cahaya tersebut. Sehingga tingkat kontras yang dimiliki TV LED masih lebih unggul dibandingkan TV LCD.
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)