Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Kenali Load Bank Lebih Jauh
02-09-2018, 07:04 PM (This post was last modified: 02-09-2018 07:04 PM by danielle88.)
Post: #1
Kenali Load Bank Lebih Jauh
Dunia genset memang tidak lepas dari beragam istilah listrik dan mesin. Tidak hanya itu, ada pula benda-benda yang hadir di sekeliling genset untuk menjadikannya komplit dan dapat bekerja maksimal. Salah satu benda tersebut ialah load bank.

Mungkin beberapa di antara Anda masih kurang familiar dengan istilah load bank ini. Load bank suatu alat yang digunakan untuk menguji ketahanan dan kapasitas genset. Load bank bekerja dengan cara menyimulasikan beban nyata menggunakan komponen pengonversi energi listrik menjadi energi panas. Listrik yang masuk ke load bank ini hanya digunakan untuk menghasilkan panas. Maka, komponen yang biasa digunakan adalah heater atau pemanas.

Supaya pemanas tersebut tidak overheating, sebagian kecil listrik digunakan untuk memutar kipas. Kipas ini berguna untuk mendinginkan panas yang dihasilkan heater.

Load bank memang memiliki fungsi menyimulasikan beban, tetapi ternyata tidak hanya itu saja. Load bank yang canggih juga bisa menyimulasikan power factor. Load bank yang seperti ini biasanya dilengkapi dengan serangkaian capacitor bank atau inductor bank. Memang akan menambah biaya, namun dapat menguji genset dengan lebih komplit dan teliti.

Jika ingin menguji genset, Anda bisa sewa load bank pada tempat penyewaan atau vendor genset yang terpercaya. Namun sebelum menyewa, ketahui dahulu kapasitas maksimal yang akan diuji seperti berapa kVa kapasitas prime dan standby genset, serta parameter pengujian seperti perlukah pengujian beban kejut atau power factor.
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)