Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Hati-hati dengan Solar yang Bercampur Air!
01-26-2018, 04:38 PM
Post: #1
Hati-hati dengan Solar yang Bercampur Air!
Salah satu masalah yang sering terjadi pada genset adalah kualitas solar yang digunakan. Seperti yang kita tahu, genset menggunakan mesin diesel sebagai penggeraknya dan bahan bakarnya sudah pasti solar. Namun jika solarnya bermasalah, genset pun menjadi tidak awet lagi alias rusak. Ujung-ujungnya harus mencari service genset 24 jam yang terdekat dari lokasi.

Sebenarnya apa masalah solar yang bisa membuat genset rusak?

Ada tiga masalah yang mungkin terjadi pada solar. Yaitu terdapatnya air di dalam solar, mikroba yang berkembang, dan juga degradasi solar. Kali ini kami akan membahas mengenai air yang ada di dalam solar.

Dalam metode campuran tertentu, solar dan air dapat menjadi emulsi yang dapat menghemat bahan bakar. Namun jika keduanya tidak saling bercampur, tentu saja akan timbul masalah seperti water hammer.

Maka untuk mencegahnya, di dalam genset terdapat water separator untuk memisahkan air agar tidak ikut masuk ke dalam injection pump. Air yang masuk akan menyebabkan oksidasi atau karat pada komponen besi. Tak hanya itu, air juga membuat daya ledak berkurang sehingga mesin menjadi kekurangan tenaga. Namun yang lebih membahayakan adalah air dapat menjadi tempat berkembangbiak mikroba di tangki solar.

Air bisa bercampur dengan solar apabila kita tidak hati-hati menjaga tutup tangki. Misalnya saja tutup tangkinya hilang atau tidak rapat. Jadi mulai sekarang, jaga kondisi solar agar genset tetap sehat dan berumur panjang. Tetap sedia nomor kontak layanan service genset 24 jam.
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)