Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Hemat Tagihan Listrik PLN dengan Perhatikan Alat Elektronik Berikut Ini!
01-24-2018, 06:24 PM
Post: #1
Hemat Tagihan Listrik PLN dengan Perhatikan Alat Elektronik Berikut Ini!
Tidak bisa dipungkiri apabila saat ini listrik telah jadi kebutuhan untuk semua orang, terlebih semenjak adanya perkembangan di dunia teknologi dimana semua barang elektronik membutuhkan listrik sebagai tenaganya. Listrik sendiri sudah masuk ke semua aspek di kehidupan sehingga memang amat diperlukan keberadaannya. Kini mayoritas masyarakat sudah menggunakan listrik pintar dimana listrik tersebut sistemnya seperti sistem isi ulang pulsa prabayar. Namun tak sedikit juga yang masih setia dengan listrik pascabayar sehingga tiap bulan ada tagihan listrik PLN.

Dengan berkembangnya teknologi, bahkan kini Anda sudah bisa membayar listrik secara lebih mudah yaitu dengan melalui situs belanja online. Kelebihannya tentu saja lebih simpel dan juga tak perlu susah payah antri lagi. Anda tentu akan hemat waktu dan tenaga dengan cara membayar lewat online ini sehingga memudahkan. Selain dari segi pembayaran, keluhan lain yang biasa muncul adalah dari tingginya biaya listrik yang harus dibayarkan.

Pada dasarnya tingginya tagihan listrik merupakan akibat dari penggunaan Anda sendiri. Beberapa alat elektronik biasanya menyedot daya yang tinggi. Oleh karena itu ada baiknya Anda memperhatikan beberapa alat elektronik seperti yang pernah diulas oleh blog tips & trend berikut ini:

1. Lampu rumah
Setiap harinya Anda pasti memerlukan penerangan di rumah. Namun hati-hati jika lampu yang kecil ini bisa jadi alasan mengapa tagihan listrik PLN Anda membengkak. Biasanya alasannya adalah karena lampu yang dipakai di rumah masih berupa lampu neon atau lampu pijar dimana kedua jenis lampu ini cukup tinggi. Oleh karena itu, lebih baik ganti jenis lampu yang Anda gunakan dengan jenis lampu LED dimana lebih hemat listrik. Meski harganya mahal, tapi jangan salah karena lampu LED hemat listrik dan tahan hingga bertahun lamanya.

2. Rice cooker
Kehadiran rice cooker menjadi kemudahan tersendiri di tengah masyarakat lantaran masyarakat Indonesia jadikan nasi sebagai santapan utama. Memang adanya rice cooker amat membantu ketika memasak nasi. Cukup pencet tombol dan nasi pun sudah matang. Namun perlu diketahui jika umumnya daya rice cooker sekitar 395 Watt atau lebih sehingga harus cermat dalam penggunaan. Namun jika ingin lebih hemat lagi, maka masak nasi pakai kompor dan rice cooker untuk penghangat saja.

3. Setrika
Menggunakan baju rapi haruslah penting. Oleh karena itu rajin-rajinlah menyetrika. Tapi jangan sampai menyetrika terlalu sering karena setrika bisa sedot daya hingga 300 Watt sehingga jangan sampai aktivitas menyetrika ini menjadi momok tersendiri ketika melihat tagihan listriknya. Jadi jadwalkan aktivitas setrika dengan baik.

4. Kulkas
Demi makanan yang selalu awet, maka kulkas jadi salah satu alat elektronik rumahan yang amat dimaksimalkan. Meski begitu ingat kembali jika kulkas juga punya daya yang amat tinggi. Oleh karena itu penggunaannya juga harus secara bijak sehingga bisa menghemat penggunaan listrik di rumah.

5. TV
Hiburan di rumah biasanya adalah televisi sehingga tak heran jika TV hampir selalu menyala dengan waktu panjang. Namun jika Anda masih pakai TV tabung atau TV plasma maka bersiap saja untuk tagihan yang tinggi. Namun untuk hemat, ganti TV Anda dengan jenis LED.

Itulah beberapa alat elektronik di rumah yang kerapkali jadi alasan tagihan listrik PLN membengkak. Jadi lakukan penghematan listrik sejak saat ini. Tak hanya Anda sendiri, namun seluruh anggota keluarga di rumah juga harus turut berhemat listrik.
Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 2 Guest(s)