Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Beasiswa Tanoto Foundation
01-04-2018, 05:00 PM
Post: #1
Beasiswa Tanoto Foundation
Pendidikan tinggi merupakan jenjang pendidikan yang menjadi idaman bagi semua orang, pasalnya di pendidikan tinggi memiliki sistem pendidikan yang berbeda dengan sekolah dasar dan sekolah menengah dimana semua mata pelajaran harus dikuasai oleh setiap siswa. Dalam pendidikan tinggi, mereka bisa memilih jenis bidang keilmuan sesuai yang minat dan bakat masing-masing dengan jenis yang spesifik.

Akan tetapi, tidak semua orang yang memiliki keinginan itu dapat merasakan nyamannya belajar di jenjang pendidikan tinggi dikarenakan kendala biaya. Mereka yang berasal dari keluarga menengah kebawah seringkali merasa terbebani jika harus melanjutkan studi sehingga lebih memilih untuk bekerja seadanya sekedar mengurangi beban tanggungan keluarga dalam hal pendidikan. Hal ini tentu saja sangat disayangkan mengingat mereka yang tidak mampu berkuliah dengan alasan biaya tadi bisa jadi memiliki potensi yang luar biasa baik di bidang akademik maupun non akademik hanya saja terkendala biaya untuk menggapai pendidikan yang lebih tinggi.

Kondisi yang demikian memprihatinkan, menggerakkan Sukanto Tanoto yang merupakan salah satu pengusaha sukses di Indonesia sekaligus pemilik berbagai perusahaan multinasional sekelas RGE dan April Group, untuk menggagas suatu program beasiswa bagi siswa-siswa berprestasi untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi namun memiliki kendala finansial.

Dalam biografi Sukanto Tanoto, tercatat bahwa melalui tanoto foundation dirinya membentuk suatu program beasiswa yang diberi nama National Champion Scholarship yang telah diperkenalkan sejak 2006. Program beasiswa ini ditujukan bagi putra-putri terbaik bangsa yang telah dinyatakan lulus dari SMA atau sederajat dan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi, dan diutamakan bagi mereka yang berprestasi unggul namun memiliki kesulitan secara biaya.

Untuk menyelenggarakan program ini, Tanoto Foundation telah menjalin kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi negeri di tanah air yaitu : Institut Teknik Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Sumatra Utara, Universitas Riau, Universitas Jambi, Universitas Mulawarman, Universitas Hasanuddin, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, dan Universitas Andalas.

Dalam program beasiswa ini, para Tanoto Scholars, sebutan bagi mereka yang menerima beasiswa ini akan memperoleh berbagai tunjanga finansial mulai dari uang SPP per semester hingga biaya hidup per bulan. Selain tunjangan finansial, para Tanoto Scholars juga mendapat berbagai fasilitas lain seperti pengembangan soft skill terutama dalam bidang kepemimpinan, ikut serta dalam program sosial untuk masyarakat sekitar, dan masih banyak lagi.

Di tahun 2015 lalu tercatat lebih 2000 siswa menjadi Tanoto Scholars dan jumlah itu akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Berbagai kelebihan ditunjukkan oleh para penerima beasiswa Tanoto ketika belajar di perguruan tinggi, diantaranya mereka cenderung memiliki IPK tinggi (diatas 3,6), memiliki jiwa kepemimpinan yang bagus karena mendapat berbagai pelatihan, serta menguasai beragam soft skills.

Referensi:
http://www.sateri.com/sukanto-tanoto/
http://www.po-and-g.com/about-us/sukanto-tanoto
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)