Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Keberanian yang Membuat Sukanto Tanoto Lepas dari Krisis
11-20-2017, 05:15 PM
Post: #1
Keberanian yang Membuat Sukanto Tanoto Lepas dari Krisis
Nama Sukanto Tanoto yang dinobatkan sebagai salah satu pengusaha terkaya di Indonesia tentu sudah tidak asing lagi di kancah dunia bisnis Indonesia. Bahkan saat ini pengusaha yang kaya raya ini memiliki begitu banyak aset dan melebarkan usahanya di kancah Internasional. Sukanto Tanoto merupakan seorang pengusaha, visioner dan pionir dari sejumlah industri yang ada di Indonesia sekaligus beliau merupakan seorang pendiri sekaligus ketua RGE Group yang merupakan sebuah group global perusahaan berbasis sumber daya.

Sukanto Tanoto mendirikan RGE di tahun 1973 dengan begitu besar perjuangan. Beliau mengatur RGM memasuki dunia bisnis kayu lapis kemudian mengubah Indonesia dari pengekspor bahan mentah kayu glondongan menjadi material yang memiliki nilai tambah. Tentu semua tidak berjalan mulus begitu saja. Ada rintangan demi rintangan yang dihadapi. Akan tetapi Sukanto Tanoto tak pernah menyerah. Keberanian didalam diri pengusaha sukses inilah yang membuatnya bisa terlepas dari segala rintangan bahkan krisis yang sempat menghadang. Lalu keberanian yang seperti apa yang dimiliki oleh pendiri RGE Group ini dan harus menjadi pelajaran bagi pebisnis yang lainnya?

Keberanian yang Membuat Sukanto Tanoto Lepas dari Krisis

RGE yang merupakan usaha kepemilikan dari Sukanto Tanoto memang tumbuh dengan sangat pesat berkat kegigihannya. RGE tumbuh menjadi sebuah bisnis global yang saat ini telah memperkerjakan sebanyak 50.000 orang dengan aset lebih dari 15 miliar dolar Amerika. Usaha ini telah beroperasi di berbagai bidang baik di Indonesia, Tiongkok, Brasil dan di lebih dari 25 negara di seluruh dunia. Pertumbuhan ini didorong oleh kepemimpinan Sukanto dan keyakinannya bahwa sebuah perusahaan hanya bisa sukses jika perusahaan tersebut merupakan usaha yang berkorporasi dan bertanggung jawab.

Ketika usahanya pernah mengalami suatu krisis, prinsip itulah yang juga dipegang. Itulah yang juga menjadi salah satu keberanian yang membuat usaha Tanoto lepas dari krisis. Tanoto juga memiliki filosofi dalam setiap usaha yang dilakukan dan saat ini menjadi pedoman usaha RGE yaitu 3P. 3P dikenal juga dengan istilah Triple Bottom Line yaitu orang (People), Planet dan Profit yang artinya berbagai operasi RGE harus baik bagi masyarakat, negara dan perusahaan.

Saat ini dengan semangat, kejelian, ketekunan dan dedikasinya membuat Sukanto Tanoto berhasil menjadikan RGE sebagai sebuah kelompok perusahaan kelas dunia yang memiliki total aset lebih dari US 18 miliar serta memiliki operasi yang sangat besar di seluruh dunia. Baginya, untuk mencapai semua itu keberanian sangat penting serta belajar merupakan suatu proses yang harus dilalui sampai kapanpun.

Menurutnya seorang wirausaha harus menyisihkan waktu untuk belajar dan melakukan analisa apa yang terjadi di lapangan. Selain itu pengusaha juga harus selalu berusaha mendengarkan daripada ahlinya. Semangat yang seperti ini juga yang harus dimiliki oleh setiap pengusaha untuk bisa lebih berkembang dan menakhlukkan berbagai tantangan yang menghadang.
Visit this user's website Find all posts by this user
Quote this message in a reply
Post Reply 


Forum Jump:


User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)